Program pendampingan K 13 di Kabupaten Pangkep sudah berjalan sejak akhir September 2014 hingga awal Desember 2014. Program pendampingan yang dilaksanakan dengan basis Klaster ini melibatkan guru-guru pada sekolah-sekolah yang dikelompokkan dalam klaster-klaster, yang anggotanya sebanyak 5-7 sekolah tiap klaster, bergantung pada  kedekatan sekolah-sekolah itu dalam lingkup tertentu. Tiap klaster terdapat sekolah induk klaster yang dikoordinasikan oleh kepala sekolahnya membawahi sekolah-sekolah dalam lingkup klasaternya. Selain itu, mengoperasikan program pendampingan, kepala sekolah melibatkan para pendamping yang banyaknya 10 orang guru mata pelajaran termasuk guru BK.

Program pendampingan yang diharapkan sebagai program lanjutan pelatihan ini dengan sasarannya adalah tercapainya penguatan konsep dan prosedur implementasi K 13 bagi para guru sasaran, agar mampu mengembangkan K 13 di kelas dengan lebih baik. Pendampingan berjalan selama 5 tahapan, yaitu In Service 1, On Service 1, In Service 2, On Service 2, dan In Service 3. Di Kabupaten Pangkep, kelima tahapan ini dikemas dalam kegiatan yang membutuhkan durasi waktu 14 hari kegiatan pada tiap klaster, yakni 3 hari In-1, 3 hari On-1, 2 hari In-2, 3 hari On-2, dan 3 hari In-3.  Pada tingkat SMP, pendampingan berjalan pada 16 klaster, yang terdiri dari 9 klaster di daratan dan 7 klaster di kepulauan.  Melengkapi akhir kegiatan pendampingan ini, maka masing-masing pihak terkait membuat laporan pendampingannya. Kepala sekolah induk klaster membuat laporan pengelolaan keuangan/dana klaster, sementara guru pendamping membuat laporan pencapaian hasil-hasil proses pendampingannya.

Membuat laporan merupakan pekerjaan yang gampang-gampang tapi juga susah. Gampangnya adalah mengikuti model format laporan yang sudah jelas strukturnya. Tetapi, sulitnya adalah mengisi laporan, utamanya pada bagian proses pelaksanaan, pencapaian hasil-hasilnya, dekripsi hambatan, dan terakhir adalah simpulannya. Ada biasa dibuat narasi laporan oleh salah satu pihak, namun bagi pengguna lainnya perlu membacanya dengan baik dan mengubahnya sedemikian rupa sehingga menghasilkan laporan yang dapat mencerminkan informasi progres atau hasil yang dicapai hingga pada simpulannya dan rekomendasinya. Untuk teman-teman yang membutuhkan model narasi laporan pendampingan tiap klaster, khususnya tim 2 pendamping SMP Kab. Pangkep, silahkan mendownload lampiran file berikut agar laporan tim 2 relatif lebih seragam dan sesuai dengan format kegiatan di Kabupaten Pangkep untuk masing-masing klasteer.

LAPORAN KLASTER BALOCCI

LAPORAN KLASTER BUNGORO

LAPORAN KLASTER TUPABBIRING

LAPORAN KLASTER TUPABBIRING UTARA

HALAMAN PEMBATAS TUPABBIRING UTARA

Silahkan teman-teman yang membutuhkan segera mendownload, silahkan dicermati baik-baik bagian-bagian yang ada dalam tiap strukturnya, lakukan penyesuaian seperlunya terhadap laporan yang sudah dibuat, print ulang segera dan ganti yang sudah dibuat. Kami tunggu segera dalam minggu ini, kalau bisa hari Kamis sudah distor kepada kami di SMPN 1 Bungoro pada jam kerja. Terima kasih, semoga bermanfaat dan mohon maaf atas keterlambatan layanan ini.