Salah satu bab dari muatan laporan utama Laporan Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban pengelolaan dana bantuan langsung (DBL) program BERMUTU adalah menyajikan Rangkuman Hhasil Evaluasi Mandiri. Bab ini pada bagian bab IV, yang sering membuat kebingungan para penyusun laporan.

Evaluasi mandiri merupakan satu model evaluasi atau refleksi yang dilakukan secara mandiri oleh internal pengurus atau anggota MGMP. Sebagai upaya refleksi dan evaluasi tentunya harus memiliki kejelasan aspek yang dievaluasi dan direfleksi. Berdasarkan pada pemahaman terhadap pedoman pengelolaan DBL yang terakhir, bahwa evaluasi mandiri ini dilakukan terhadap beberapa aspek, antara lain (1) Management Kegiatan, (2) Keterlaksanaan kegiatan, (3) Ketersediaan dan penggunaan sarana dan prasarana kegiatan, (4) monitoring dan evaluasi, dan bisa ditambahkan (5) Efektivitas kegiatan, yang dilihat dari pencapaian kuantitas dan kualitas produk kegiatan peserta (tagihan) yang terkumpul.

Semua aspek membutuhkan isntrumen khusus yang dapat digunakan oleh pengurus atau anggota MGMP secara  samppling atau keseluruhan. Instrumen perlu disiapkan oleh pengurus dan digandakan, dan didistribusikan untuk diisi. Berdasarkan isian-isian instrumen tersebut, maka dengan pendekatan kuantitas atau kualitas dan dideksripsikan rangumannya sebagai Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri.

Bagi teman-teman pengurus MGMP yang sementara menyelesaikan laporan pertangungjawaban pelaksanaan dan pengelolaan keuangan DBL program BERMUTU, berikut kami lampirkan salah satu model instrumen yang dapat dimanfaatkan pada masing-masing kelompok kerja. Semoga dapat didownload, jika perlu ada penyesuaian silahkan lakukan sesuai kebutuhan masing-masing.

FORM EVALUASI MANDIRI MGMP (MODEL 1)

INSTRUMEN EVALUASI MANDIRI (MODEL 2)

Semoga bermanfaat.