Program BERMUTU yang diluncurkan sejak tahun 2009/2010, kini  sudah memasuki akhir program. Tiga tahun pertama (tahap satu) berakhir pada 2011/2012. Sementara Tiga tahun kedua (tahap kedua) mulai 2010/2011 hingga 2012/2013.  Konsep program BERMUTU yang ingin menjangkau ranah yang luar biasa pada diri para tenaga pendidik (guru) tidak mudah dicapai. Pada  perkembangannya mengalami beberapa perubahan sasaran dan target kegiatan. Yang demikian cukup membuat kebingungan bagi para mitra program BERMUTU pada tingkat bawah sebagai ujung terdepan yang menjadi striker yang bertugas memasukkan GOAL ke GAWANG BERMUTU sebanyak-banyaknya. Efek kebingungan itu tidak hanya dirasakan oleh para pengelola pada tingkat kelompok kerja, terlebih dari itu berdampak pula pada para guru peserta. Ini berarti menggambarkan bahwa pada tingkat pusat dan semua jajaran vertikal juga mengalami perubahan. Satu dalih yang selalu digunakan untuk memberikan rasa tenang adalah ungkapan-ungkapan “INILAH ESENSI PERUBAHAN”, maka ketentuan yang terakhir kali dihasilkan ituLah yang harus diikuti. Dampak dari semua itu adalah hilangnya titik-titik sudut, sisi-sisi bangun BERMUTU yang diimpikan para pemikir tingkat pusat. Pada tingkat bawah bentuk ideal yang diimpikan itu semakin tidak jelas. Kalau sudah demikian, siapa yang mesti disalahkan? apakah terus mencari pihak yang menjadi kambing hitam. Tentu tidak, semua pihak harus memaklumi. bahwa memahamkan orang banyak itu tidaklah mudah, karena banyak variabel yang menjadi penentu dan tidak semuanya mampu dikontrol dengan ketat.

Alhamdulillah sampai dengan memasuki awal program kegiatan tahun ketiga (tahap pertama) telah dihasilkan ketentuan yang final, dan dapat menjadi pedoman yang jelas bagi para pengelola kelompok kerja guru (KKG dan MGMP) dalam menentukan arah pelaksanaan kegiatan, dan dapat memberikan kejelasan kepada semua peserta dalam mencapai tujuan proses kegiatannya.

Perubahan terakhir tersebut diikuti hingga akhir tahun ketiga bagi tahap kedua, yakni ketentuan TAGIHAN KEGIATAN BERMUTU, yang diklasifikasikan dalam dua kategori tagihan, yaitu tagihan kelompok kerja dan tagihan yang bersifat individu. Tagihan kelompok kerja meliputi: (1) Jurnal kelompok kerja, (2) Bank Soal, (3) Peta Guru, (4) Rapor Guru. Sementara tagihan individual peserta meliputi: (1) Silabus, (2) RPP, (3) Karya Tulis Ilmiah, (4) Jurnal Belajar.

Berdasarkan klasifikasi di atas, sebenarnya yang semata-mata menjadi tanggung jawab kelompok kerja adalah hanya , satu, yaitu jurnal kelompok kerja. Sementara lainnya harus diupayakan oleh individu-individu peserta secara kolektif atau secara mandiri. Apakah jelasnya pengkategorian taghan peserta tersebut emberikan jaminan tidak hilangnya bentuk BERMUTU sebagaimana konsep yang diimpikan? Belum tentu. MAsih banyak variabel yang tidak atau kurang terkontrol, utamanya oleh pengelola tingkat MGMP.

Melihat bagaimana bentuk akhir BERMUTU yang dihasilkan oleh setiap kelompok kerja, dapat dilakukan dengan melihat hasil belajar peserta yang dihasilkan oleh setiap MGMP. Forum MGMP merupakan mitra BERMUTU yang memiliki kewajiban dalam salah satu programnya menampilkan peta hasil MGMP, yang digunakan sebagai UKURAN dan BENTUK AKHIR BERMUTU. Program tu adalah telaah/pengkajian/penilaian/validasi hasil MGMP.

Berdasarkan pemikiran pengkategorian karya peserta MGMP, maka diinterpretasikan bahwa kategori karya yang perlu mendapatkan penilaian/validasi ada empat, yaitu (1) Silabus, (2) RPP, (3) Karya Tulis Ilmiah, (4) Jurnal Belajar Peserta. Mamsing-masing menunjukkan pencapaian proses dan hasil belajar peserta selama dan sesudah proses kegiatan pada pertemuan rutin. Berikut adalah hasil validasi hasil MGMP yang dilakukan oleh Forum MGMP, khususnya hasil MGMP tahun ketiga (tahap kedua).

Kepada para pengelola MGMP, yang tagihan-tagihannya telah mendapatkan validasi oleh Forum MGMP, dapat memanfaatkannya sebagai bahan evaluasi mandiri yang tertuang pada BAB 4 laporan pelaksanaan kegiatan. Selain itu, setiap kelompok kerja dengan mudah mendapatkan 3 (tiga) karya terbaik yang digunakan sebagai lampiran laporan pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan. Yang penting bagi Forum MGMP adalah mampu memetakan hasil MGMP dan mendapatkan bahan untuk dimuat pada Buletin Forum MGMP.

Berikut adalah hasil-hasil proses validasi tersebut:

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INGGRIS 2 (Terbaru 3)

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INGGRIS 2 (Terbaru 2)

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INGGRIS 2  (Terbaru 1)

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INDONESIA 2 (Terbaru 1)

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INDONESIA 2 (Awal)

HASIL VALIDASI PRODUK MGMP 2012-2013 BAHASA INGGRIS 2 (Awal)

Sementara validasi hasil MGMP dari MGMP lainnya : Matematika, Biologi, Fisika belum dilakukan, karena masih dalam tahap pengumpulan dan tahap penyelesaian oleh masing-masing peserta.

Hasil-hasil tersebut masih bersifat sementara, karena validasi belum dilakukan terhadap semua hasil MGMP peserta. Salah satu faktornya karena tagihan belum terkumpul. Apabila validasi sudah dilakukan secara optimal, akan kami upload ulang, dan dapat dmanfaatkan lebih lanjut oleh masing-masing MGMP dan tentunya Forum MGMP.

SEBAGAI BAHAN UNTUK DIMUAT PADA BULETIN FORUM MGMP, MAKA DIHARAPKAN pengurus MGMP berkenan mengirimkan Foto  Copy (Hard Copy dan Soft Copy) dari karya-karya yang dinyatakan layak dipublikasikan, seperti pada daftar tersebut kepada Sekretariat Forum MGMP (Trisdyanto, M.Pd. , Mahdaniar, M.Pd. atau  Abd. Azis, M.Pd.) untuk dilakukan proceding lebih lanjut.

Melalui postingan ini pula kami lampirkan Rangkuman Notulen Koordinasi MGMP, yang dapat dimanfaatkan setiap MGMP sebagai bahan pelengkap laporannya, yang sudah mengutus perwakilannya pada koordinasi, yang dilaksanakan sebanyak dua kali. Silahkan didownload lampiran berikut:

PAPARAN NOTULENSI KOORDINASI I 2012-2013

RANGKUMAN NOTULENSI KOORDINASI II 2012-2013

Semoga bermanfaat bagi teman-teman pengelola MGMP Bermutu Kabupaten Pangkep. Kami masih menunggu terus perkembangan selanjutnya untuk menuntaskan kegiatan ini. Terima kasih.

Selain hal tersebut di atas, berikut kami lampirkan pula CONTOH RAB untuk pengajuan proposal kegiatan BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN KARIR PTK DIKDAS, semoga dapat membantu teman-teman pengurus MGMP atau KKG dalam menyusun proposal program dana bantuan BANGRIR PTK DIKDAS 2013 sebesar Rp 28.000.000,-

Contoh RAB BANGRIR PTK DIKDAS 2013 dapat dilihat/didownload melalui judul postingan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.