Menjadikan Guru Lebih Profesional”, International Standard Serial Number, ISSN : 1978 – 9610

APA JURNAL PENDIDIKAN ITU?

  • Lembaga ilmiah yang mendapatkan izin penerbitan dari LIPI untuk menerbitkan karya-karya tulis ilmiah yang diangkat dari hasil-hasil penelitian atau non penelitian.
  • Tugas : Menerima, mengumpulkan, mengelola, mengedit (Editor Pelaksana dan Ahli) artikel-artikel ilmiah hasil penelitian atau non penelitian dari Guru, dan menindaklanjutinya sehingga siap dikomunikasikan, dipublikasikan, dan didistribusikan kepada masyarakat ilmiah.
  • Fungsi : Sebagai wadah (forum) komunikasi yang dapat memfasilitasi aktivitas ilmiah guru dalam mengembangkan kreatifitasnya di bidang pendidik an dan pembelajaran mulai mengembangkan ide-ide awal hingga publikasinya.

RUANG KARTESIAN
Kedudukan, Judul Terbitan, Hak Penerbitan, dan Ruang Lingkup

  • Jurnal Pendidikan yang berkedudukan MGMP Matematika SMP Kabupaten Pangkep, yang dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara nasional, karena telah mendapat kan izin dari LIPI (Depdiknas Pusat).
  • Judul Terbitan Jurnal : Ruang Kartesian
  • Hak Penerbitan : Jurnal Pendidikan
  • Jenis Artikel : Hasil-hasil penelitian atau non penelitian (Artikel dari kajian pustaka)
  • Ruang Lingkup : Karya-karya dari guru-guru Matematika pada pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Pangkep dan Sekitarnya, atau dari daerah lain dalam wilayah NKRI.

Mengapa Perlu Jurnal Pendidikan?

  • Permenegpan & RB nomor 16 tahun 2009 mengamanatkan bahwa kenaikan pangkat jabatan fungsional guru dari golongan III/b dan seterusnya merupakan komponen yang wajib dipenuhi, yaitu publikasi ilmiah dan karya inovasi.
  • Salah satu indikator guru profesional yang sertificate adalah mampu menghasilkan atau memproduksi sehingga memiliki karya pengembangan profesi.
  • Karya pengembangan profesi yang telah diterbitkan oleh Jurnal Terakreditasi memiliki point 6 untuk kenaikan pangkat ke Golongan III/b dan seterusnya.
  • Guru certificate bukanlah final bagi profesi onalisme guru, tetapi awal bagi babak selanjutnya pengembangan profesionalnya.
  • Guru inovatif, kreatif yang memiliki karya tulis yang berarti perlu mendapatkan pengakuan hak karya cipta secara nasional, yang dapat dipakai sebagai rujukan dalam menuntaskan masalah-masalah serupa dan dapat menhasilkan karya-karya sejenis, sehingga memperkaya kreasi dan inovasi.
  • Sebuah wadah yang menampung karya-karya ilmiah hasil penelitian atau kajian-kajian teori yang memenuhi kaidah prosedur ilmiah adalah Jurnal Ilmiah, yang sala satunya adalah Jurnal Pendidikan.
  • Karya-karya ilmiah yang terpublikasi pada Jurnal Pendidikan telah mendapatkan tinjauan dan telaah, serta koreksi dari para editor ahli yang memiliki tingkatan kepakaran di bidangnya.

Jurnal Ruang Kartesian menjadi pilihan saat ini karena beberapa hal khusus, yaitu:

  1. Merupakan satu-satunya wadah publikasi ilmiah yang dikelola oleh MGMP Matematika SMP Kabupaten Pangkep, yang bekerjasama dengan para Pakar di LPTK.
  2. MGMP Matematika SMP Kabupaten Pangkep, yang sementara menjadi mitra pelaksanaan program Pemberdayaan Guru Pendidikan Dasar Berbasis MGMP model Bermutu, tahun ketiga mengembangkan struktur program kegiatan, yang salah satunya adalah pengembangan dan pencetakan Jurnal Pendidikan, yakni mengolah karya-karya anggota dan peserta kegiatan MGMP Program Bermutu.
  3. Pada tahun ketiga kegiatan MGMP dengan dana DBL, sebagian dana yang biasanya untuk biaya Study Kunjungan MGMP, maka dialihkan untuk pengembangan dan pencetakan Jurnal Pendidikan RUang Kartesian.

Untuk memenuhi niat dan komitmen di atas, maka kami mengundang teman-teman guru Matematika yang tergabung dalam kepesertaan MGMP Program Bermutu atau bukan untuk mengembangkan karya tulis yang berbentuk artikel ilmiah hasil kajian teoritis atau artikel ilmiah hasil penelitian.

Tulisan-tulisan yang dapat kami tampung dan proses untuk diterbitkan ditulis dengan ketentuan sebagai berikut:

PEDOMAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan spasi rangkap pada kertas ukuran kuarto/A4 dengan panjang 10 – 15 halaman dengan spasi 2 (dobel).
  2. Biodata singkat penulis dicantumkan sebagai catatan kaki di halaman pertama.
  3. Berkas naskah disimpan dalam CD yang diketik dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word for Windows.
  4. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini adalah artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, dan tinjauan kepustakaan.
  5. Artikel yang layak diproceding ke jurnal adalah yang memenuhi persyaratan-persyaratan seperti : Asli (bukan jiplakan atau dibuatkan orang lain), perlu, ilmiah, konsisten, relevan dengan bidang tugas, dan proporsional dalam berbagai aspeknya.
  6. Sistematika penulisan artikel hasil penelitian adalah sebagai berikut :

Judul (maksimum 12 kata)

Nama Penulis (tanpa gelar akademik)

Abstrak (terdiri dari 50 – 75 kata)

Kata-kata kunci (3 – 5 kata)

Pendahuluan (tanpa subjudul, berisi latar belakang masalah, sekilas tinjauan pustaka, dan masalah/tujuan penelitian).

Metode Penelitian

Hasil Penelitian

Pembahasan

Kesimpulan dan Saran

Daftar Pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian)

7.   Sistematika penulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, dan tinjauan kepustakaan sbb.:

Judul (maksimum 12 kata)

Nama Penulis (tanpa gelar akademik)

Abstrak (terdiri dari 50 -75 kata)

Kata-kata kunci (3 – 5 kata)

Pendahuluan (tanpa subjudul)

Sub-sub judul (sesuai kebutuhan)

Penutup (atau Kesimpulan dan Saran)

Daftar Pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian)

Naskah artikel dan CD-nya dikirim kapan saja dan akan diproses untuk siap diterbitkan pada bulan Januari  atau Juli

JURNAL PENDIDIKAN ”RUANG KARTESIAN”

d.a. Sekretariat The Journal Publishing of Education

MGMP Matematika SMP Kabupaten Pangkep,

SMP Negeri 1 Bungoro

Jl. Tonasa II Bungoro Kab. Pangkep

0852 423 21385

forum.mgmp.smp.pkp@gmail.com

trisdyantos@gmail.com

trisdyanto66@gmail.com

Untuk memberikan gambaran pembaca mengenai format Artikel yang akan dikirimkan, berikut kami lampirkan contoh-contoh yang dapat menjadi inspirasi pembaca budiman:

10-Darwing_FMIPA

4_SURADI_FMIPA

Contoh Abstrak

Usman Mulbar.06

Artikel Pak Jadir.01.ok

Artikel Kooperatif Stad Djadir 01

Suradi – JURNAL LPMP 02