Deskripsi Umum

Kegiatan pengembangan kompetensi dan kinerja guru berbasis MGMP yang dilaksanakan oleh setiap kelompok kerja MGMP diarahkan pada pencapaian kompetensi dan kinerja peserta kegiatan MGMP, yang ditunjukkan oleh produk-produk kegiatan yang dihasilkanya.

Sebagai upaya untuk mendapatkan hasil terbaik pada setiap kelompok kerja, maka perlu dilakukan penilaian, penelaahan, pengkajian, validasi hasil-hasil kegiatan peserta (tagihan peserta), yang difasilitasi dalam Forum MGMP SMP Program Bermutu, dengan menyediakan format-format penilaian dan format administrasi lainnya.

Target kegiatan penilaian hasil MGMP adalah diperoleh 3 karya terbaik pada setiap kategori produk peserta, yaitu :

  1. 3 Silabus Terbaik
  2. 3 RPP Terbaik
  3. 3 Karya Tulis Ilmiah Terbaik
  4. 3 Jurnal Belajar Terbaik

Peruntukan Pengkajian/Penilaian Hasil MGMP

Hasil penilaian keseluruhan terhadap ke empat kategori tagihan individu digunakan untuk :

  1. bahan deskripsi laporan mandiri setiap MGMP selain aspek-aspek lainnya yang bersifat perencanaan dan proses kegiatan.
  2. Sampel Silabus dan RPP terbaik, bersama karya tulis ilmiah dan jurnal dimuat dalam Buletin “Pelangi Bermutu” FMGMP SMP Program Bermutu Kab. Pangkep edisi tahun ke-2 2011/2012.

Ketentuan penilaian karya peserta MGMP pada setiap kategori tagihan tidaklah sama, melainkan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing tagihan.

Penilaian silabus dan RPP dilakukan terhadap salah satu KD tertentu yang dipilih secara acak oleh tim/pelaksana penilaian.

Penilaian Karya Tulis Ilmiah, dilakukan dengan mengklasifikasikan sesuai urutan berdasarkan tingkatan kategori karya tulis ilmiah, yaitu :

  1. Laporan PTK.
  2. Artikel Ilmiah hasil penelitian
  3. Artikel Ilmiah non penelitian atau Makalah Ilmiah,
  4. Bahan Ajar, yang berupa LKS, Hand Out, dsb.

Peringkat penilaian diberlakukan berdasarkan pada tingkatan tiap kategori KTI di atas, sehingga konsekuensinya adalah bahwa Laporan PTK akan menduduki peringkat paling atas. Bila terdapat beberapa karya berupa laporan PTK, maka penilaian Laporan PTK dilakuan terhadap sesama laporan PTK untuk menghasilkan satu laporan terbaik. Begitu seterusnya berlaku untuk kategori KTI lainnya.

MEKANISME KEGIATAN PENGKAJIAN

  1. Tim penilai dari unsur Pengurus MGMP melakukan penilaian menggunakan instrumen yang disediakan.
  2. Tim penilai merekap hasil penilaian terhadap 4 kategori tagihan dalam bentuk soft copy, yang akan dideskripsikan sebagai bagian dari laporan evaluasi mandiri MGMP
  3. Tim penilai melengkapi berita acara penilaian.
  4. Atas nama Ketua Forum MGMP, Ketua MGMP meneruskan dan menyerahkan 3 karya terbaik hasil penilaiannya kepada MKKS dan MKPS dalam bentuk Hard Copy untuk digandakan oleh masing-masing pihak MKKS dan MKPS.
  5. Hasil penyerahan berupa berita acara penyerahan yang sudah ditanda tangani dikirim ke sekretariat FMGMP bersama berita acara penilaian.
  6. HAsil rekap penilaian dimanfaatkan oleh masing-masing MGMP dan filenya dikirim ke FMGMP melalui email forum.mgmp.smp.pkp@gmail.com.

Mendukung kegiatan tersebut, berikut ini kami lampirkan instrumen-instrumen penilaian dan administrasi kegiatan, yang dapat digunakan.

  1. BERITA ACARA KEGIATAN & BERITA ACARA PENYERAHAN HASIL KEGIATAN: BERITA ACARA PENILAIAN-PENYERAHAN KARYA TERBAIK KE MKKS-MKPS-DIKPORA
  2. INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS: FORMAT TELAAH SILABUS
  3. INSTRUMEN PENILAIAN RPP-PTK-ARTIKEL/MAKALAH-JURNAL BELAJAR: FORMAT TELAAH PRODUK MGMP 2012
  4. FORMAT REKAP PENILAIAN : REKAPITULASI NILAI PRODUK MGMP 2012

Format penilaian karya tulis ilmiah, yang belum dapat kami fasilitasi antara lain: Laporan Best Parctice, Penyusunan Bahan Ajar, Kajian Kritis. Untuk karya-karya tersebut, kami harapkan setiap pengurus MGMP mengembangkan sendiri atau mengambil kebijakan sendiri dalam pemilihan untuk menghasilkan 3 karya terbaik peserta.

PELAKSANA KEGIATAN

Merampungkan kegiatan ini, maka kami telah menyusun pembagian tugas pengkajian/penilaian hasil MGMP, sebagaimana pembagian tugas-tugas pelaksanaan program FMGMP lainnya, dalam SK Kegiatan berikut:

SK PEMBAGIAN TUGAS dalam FORUM MGMP TAHUN 2011-2012

Selamat bekerja, kami yakin bahwa teman-teman pengurus MGMP mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, dengan menggunakan strategi sebagaimana pernah kami sampaikan, sehingga tidak menjadikan beban bagi kita semua, namun tetap menghasilkan target kegiatan yang diharapkan. Terima kasih, kami tunggu hasilnya sampai dengan akhir Mei 2012.